Bahaya Dan Penyebab Intoleransi Laktosa

Laktosa merupakan gula yg diketemukan dlm susu. Intoleransi laktosa merupakan satu keadaan dimana pasien tidak dapat mengolah atau menyerap laktosa. Juga di kenal menjadi hipolaktasia atau defisiensi/kekurangan laktase. Keadaan ini nampak saat susu atau produk makanan bahannya baku susu dikonsumsi. Laktosa tersebut terbagi dalam glukosa serta galaktosa. Enzim yg diketahui menjadi laktase bertanggung-jawab atas penyerapan laktosa dlm badan.

Intoleransi laktosa disebabkan pekerjaan laktase menyusut ataukah tidak ada pekerjaan laktase, yg menjadi mengakibatkan menahan pemecahan laktosa. Kadang keadaan ini disamakan dgn alergi protein susu sapi, tapi kedua-duanya adalah dua keadaan yg tidak serupa.

Tanda-tanda Intoleransi Laktosa 


Ada bermacam tanda-tanda intoleransi laktosa, misalnya:

  1. Mual 
  2. Kram atau ngilu perut 
  3. Kembung 
  4. Diare 
  5. Buang gas atau kentut terlalu berlebih 

Beberapa gejala ini bisa nampak pada 30 menit hingga dua jam sesudah minum susu atau konsumsi makanan bahannya baku susu. Tingkat keparahan hipolaktasia bergantung pada berapa kronis orang itu tidak toleransi pada laktosa.


Teknik Menangani Intoleransi Laktosa 


Mengatasi hipolaktasia bukan perihal yg tidak mudah, penyembuhan cukuplah gampang dikerjakan. Kebanyakan membuat perubahan skema makan merupakan teknik yg pas buat menangani keadaan ini. Namun ada perihal berbeda yg kamu mesti pikirkanlah. Sangat utama buat jelas berapa peka seorang pada produk makanan yang memiliki kandungan laktosa. Kamu mungkin mesti melakukan eksperimen dgn apakah yang bisa kamu makan serta apakah yg tidak dapat kamu makan. Tapi kamu tidak bisa mengerjakan pergantian langsung dengan mencolok, kamu mesti mengenalkan produk makanan baru buat mode kamu dengan setahap. Dgn demikian, kamu bisa lebih gampang temukan pada makanan apakah kamu peka.

Tapi, tidak direkomendasikan buat dengan keseluruhan menghilangkan produk makanan apa pun dari skema makan kamu, sebab bisa memicu sejumlah kekurangan. Kekurangan yg sangat umum merupakan kekurangan kalsium yg termasuk sejumlah mineral khusus. Kalau seorang benar-benar tidak toleransi pada laktosa, alangkah lebih baik buat konsultasi dgn seseorang pakar kesehatan, hingga kamu tidak menanggung derita dlm bentuk apa pun sebab keadaan kamu. Pakar kesehatan bisa menunjuk kamu ke pakar gizi, yang bisa menunjang Kamu dgn pilihan berbeda yang bisa dimasukkan dlm skema makan kamu.

Susu : Terkadang membuat perubahan jumlah susu dlm skema makan Kamu dapat menangani keadaan ini. Dlm sejumlah masalah orang dapat mengolah susu dlm teh atau kopi, namun tidak dapat minum susu dgn sereal. Ada pula yg dapat mengolah susu dgn cokelat. Ada orang yg tidak dapat mengolah susu saja, akan tetapi mereka dapat mencernanya saat dikonsumsi menjadi sisi dari makanan. Ada susu yg ada di toko toko kelontong, yang memiliki kandungan lebih dikit laktosa. Kalau dikit susu saja bisa mengakibatkan tanda-tanda, kamu butuh menentukan pilihan alternatif susu.

Produk Susu : Seringkali nampak kalau, sejumlah produk susu lebih gampang diolah ketimbang yg berbeda, sebab beberapa produk ini memiliki kandungan lebih dikit laktosa dibanding dgn susu tersebut. Produk susu fermentasi bisa juga di pilih, sebab produk ini lebih gampang buat diolah. Sangat utama buat mencari tahu produk susu yg sesuai dengan dgn keadaan kamu serta memakannya dengan teratur, sebab bisa siapkan nutrisi khusus yg dibutuhkan buat badan.

Dlm masalah kamu serius toleransi pada laktosa, kamu mesti mencari teknik bagaimana kamu dapat dapatkan nutrisi yg diperlukan. Buat siapkan badan cukuplah kalsium, kamu bisa menentukan konsumsi sayur misalnya brokoli, kubis, okra/bendi, buah-buahan kering, susu kedelai, tahu, kacang-kacangan misalnya almond, kacang Brazil, biji wijen, dsb. Sangat utama buat diingat kalau biar penyerapan kalsium dlm badan bisa menjadi lebih baik, kamu butuh pastikan kalau kamu ikut konsumsi jumlahnya vitamin D yg cukuplah, yang bisa menunjang dlm penyerapan kalsium. Buat saya ini merupakan langkah yg sangat khusus dari perawatan intoleransi laktosa.

Benar-benar diminta buat berkonsultasi dgn pakar kesehatan buat pastikan kamu dapatkan semua nutrisi yg diperlukan dlm skema makan harian Kamu.

artikel terkait :
gasa oil makassar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahayakah Minum Jamu Saat Hamil?

Ini Akibat Jika Pola Makan Tidak Sehat